seniman
Pertunjukan seniman Indonesia di Australia. (BP/Ist)
AUSTRALIA, BALIPOST.com – Warga Negara Indonesia (WNI) yang bermukim di Australia, turut berupaya mempromosikan kesenian Indonesia di Negeri Kangguru. Upaya tersebut diwujudkan dengan membentuk komunitas, di antaranya Seharum Nusantara Indonesia Dance Group dan Balinese and Indonesia Muticultural Association (BIMA) yang berada di Gold Coast, Brisbane.

Kedua asosiasi yang merupakan WNI yang tengah berkerja maupun mengikuti program belajar di Australia, kerap berpartisipasi dalam even-even dengan menampilkan kesenian nusantara.

Baca juga:  Bali Ekspor 25 Ribu Ton Beras Premium

“Ini cara kami untuk menunjukan rasa nasionalisme di negeri orang. Kami berkumpul sesama warga negara belajar kesenian nusantara dan tampil pada setiap even untuk mempromosikan budaya kita,” ujar bambang Sri Kuncoro, perwakilan dari Seharum Nusantara Indonesia Dance Group, Minggu (7/5).

Menurutnya, upaya yang dilakukan mendapat respon positif dari pemerintah setempat. Bahkan, pihaknya kerap mendapat undangan dari untuk mengisi acara budaya.

Baca juga:  Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Sejauh 2.000 Meter

“Kami kerap diminta tampil berpartisipasi, tapi biasanya kami memilih Sabtu atau Minggu karena kami juga bekerja pada hari-hari biasa,” ungkapnya.

Senada diungkapkan Ketua BIMA, Wayan Wiednya. Lewat keahlian dan pengetahuan budayanya, ia mengajak rekan senegaranya mempromosikan budaya Indonesia di Australia. “Semua jenis kesenian nusantara kami coba tampilkan, sehingga orang-orang di Australia tahu kesenian dan budaya kita seperti apa,” ungkapnya.

Bahkan, komunitasnya membawa tradisi Nyepi, Galungan dan Kuningan di negara tersebut. “Kami rayakan Nyepi seperti masyarakat Hindu merayakannya di Indonesia,” pungkasnya.(Parwata/Balipost)

Baca juga:  PKB XLI, Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Mekar Jaya Duta Badung Tampil Percaya Diri
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *