Oleander, salah satu tanaman yang mematikan. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Tanaman tidak semuanya bermanfaat bagi manusia. Ada yang warna dan bunga nya indah, tetapi ternyata mematikan.

Berikut adalah tanaman paling berbahaya di dunia. Dikutip dari klikdokter.com, tanaman ini bisa saja melukai atau bahkan membunuh Anda.

1. Oleander

Bunga bewarna merah muda ini sering menjadi tanaman hias. Namun semua bagian tanaman ini, mulai dari daun, bunga, hingga buah mengandung racun,

Racunnya dapat menyebabkan muntah, diare, gangguan sistem saraf pusat, dan serangan jantung. Satu helai daun saja dapat membunuh manusia dewasa.

2. Daun Bahagia (Dieffenbachia)

Tanaman hias ini populer dan sering ditanam di pekarangan rumah. Namun getah daun dan batangnya mengandung kalsium oksalat yang dapat menyebabkan gatal pada kulit serta kejang pada lidah dan bibir.

Baca juga:  Damakesmas, Damapancana dan Tim COVID-19 RS Wangaya Siaga 24 Jam Saat Nyepi

Getah tersebut juga dapat menyebabkan shock, gangguan pernafasan, dan kematian walaupun jarang terjadi.

3. Acokanthera

Tanaman ini menghasilkan buah seperti beri berwarna keunguan. Buah tersebut harum dan manis sehingga mudah menarik perhatian orang. Akan tetapi hati-hati dengan getah tanaman ini karena beracun.

Dahulu, penduduk Afrika sering menggunakan getah tanaman ini untuk melumuri ujung panah. Racun ini dapat membunuh orang dewasa dalam waktu kurang dari satu menit.

4. White Snakeroot (Ageratina Altissima)

Tanaman ini diyakini sebagai penyebab kematian ibu presiden Amerika Abraham Lincoln. Tanaman yang memiliki banyak bunga putih kecil ini mengandung racun bernama tremetol.

Jika dimakan oleh hewan, daging dan susu hewan tersebut menjadi terkontaminasi tremetol. Manusia akan terkena racun saat mengkonsumsi hewan tersebut. Keracunan akan menimbulkan gejala gemetar, muntah, delirium (penurunan kesadaran), dehidrasi akut, dan kematian.

Baca juga:  Diterjang Banjir Bandang, Senderan Jalan di Desa Bhuana Giri Jebol

5. Tanaman Jarak

Tanaman ini banyak sekali tumbuh di Indonesia. Daun dan getahnya dapat digunakan untuk pengobatan tradisional. Namun, biji tanaman ini mengandung racun mematikan bernama ricin.

Racun ini dapat mengganggu sistem peredaran darah dan pernapasan hingga kematian. Sampai saat ini belum ditemukan penawarnya.

6. Deadly Nigtshade (Atropa Belladonna)

Tanaman yang banyak tumbuh di Asia bagian Timur, Eropa, dan Afrika Utara ini juga termasuk paling beracun. Semua bagian tanaman ini mengandung alkaloid tropane.

Seseorang yang keracunan tanaman ini akan mengalami gejala seperti sesak nafas, sakit kepala, berhalusinasi, kehilangan keseimbangan, dan gangguan kerja jantung. Daun tanaman ini lebih mematikan daripada buahnya.

Baca juga:  Virus Corona Dinamakan 2019 N-CoV, Sifatnya Sulit Diprediksi

7. Wolf’s Bane (Aconitum Napellus)

Tanaman ini biasanya tumbuh di pengunungan daerah Eropa Timur dan Eropa Tengah. Racun yang terkandung di dalamnya adalah alkaloid pseudaconitine. Mengonsumsi tanaman ini sebanyak 20-40 ml dapat menyebabkan kematian.

Keracunan tanaman ini menimbulkan gejala seperti mual, muntah, dan diare diikuti dengan sensasi kesemutan, mati rasa dan terbakar di mulut, wajah, dan perut. Seseorang juga dapat terkontaminasi bila memetik daun Wolf’s Bane tanpa sarung tangan.

8. Suicide Tree (Cerbera Odollam)

Tanaman ini satu jenis dengan Bunga Jepun atau Oleander. Terdapat racun cerberin pada biji dari buahnya. Gangguan yang dapat terjadi adalah gangguan otot jantung, kegagalan pernapasan, dan kematian. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *