NEGARA, BALIPOST.com – Pendistribusian soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs mulai dilakukan di tiap Kabupaten Sabtu (29/4). Termasuk di Kabupaten Jembrana.

Soal yang diangkut dengan kendaraan barang itu sampai di Jembrana pukul 10.05 Wita. Dari puluhan kardus berisi bendelan soal UN, ternyata ada empat kardus yang semestinya diperuntukkan di Kabupaten Tabanan.

Pendistribusian soal dipusatkan di SMPN 1 Negara untuk selanjutnya disebar ke sejumlah rayon. Dari pengecekan, 48 kardus yang diterima untuk Kabupaten Jembrana didapati empat kardus untuk Tabanan yang nyasar ke Jembrana.

Diantaranya soal UN untuk SMPN 2 Tabanan serta sisanya merupakan naskah lebih. Selanjutnya oleh petugas, kardus yang salah kirim itu dikembalikan ke Dinas Pendidikan Provinsi Bali.

Baca juga:  Di Badung, Sekolah Swasta Nikmati Dana Pendamping BOS

Dari pengecekan lebih lanjut, juga terdapat kekurangan naskah UN diantaranya untuk Bahasa Inggris dan Matematika. Kabid Pendidikan Dasar Pada Dinas Pendidikan Jembrana, Dewa Putu Wardana, membenarkan adanya sejumlah kardus naskah UN yang bukan untuk Jembrana ikut terkirim. Menurutnya kardus soal itu untuk SMPN 2 Tabanan dan sudah dikembalikan.

Sedangkan untuk kekurangan soal, menurutnya sejumlah 8 sampul, dengan rincian 7 sampul naskah UN isian 21 dan 1 sampul naskah isian 15. Dinas menurutnya sudah berkoordinasi dan segera akan dikirim. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.