DENPASAR, BALIPOST.com – Persoalan pengelolaan TPA Suwung yang hingga kini masih belum ada jalan keluarnya membuat warga sekitar tempat pembuangan sampah itu gerah. Bahkan, ada warga Desa Suwung yang mengancam akan menutup akses masuk ke TPA Suwung jika pemerintah tidak segera mengambil tindakan tepat.

Menurut Anggota DPRD Bali, Kadek Nuartana, belum jelasnya pengelola TPA Suwung nampaknya berimbas pada semakin menumpuknya sampah dan menimbulkan berbagai persoalan. Salah satunya menimbulkan bau yang menganggu masyarakat setempat hingga ancaman gangguan kesehatan.

Ia menilai adanya ancaman dari warga untuk menutup akses masuk ke TPA Suwung sangat wajar. Sebab, dampak yang ditimbulkan dari penumpukan sampah yang tidak dikelola itu menganggu kesehatan dan gangguan lainnya.

Baca juga:  Ditutup, Tumpukan Sampah di Lahan Warga Ungasan Masih Dibiarkan

Pemerintah diharapkan segera mengambil tindakan sehingga tumpukan sampah di TPA Suwung bisa diatasi. Selain penanganan oleh pemerintah, ia menilai peranan masyarakat dalam mengelola sampah secara swadaya sangat penting sehingga sampah menjadi bernilai guna dan membantu mengatasi persoalan sampah. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.