MANGUPURA, BALIPOST.com – Bali kembali dinobatkan sebagai destinasi terbaik dunia atau the world’s best destination dalam “Tripadvisor Travellers’ Choice Award 2017.” Walau mendapatkan beragam penghargaan, masih banyak hal yang perlu dibenahi Bali agar memberikan kenyamanan untuk wisatawan.

Menurut Dewan Penasihat PHRI BPD Bali, Jro Made Supatra Karang, infrastruktur pariwisata merupakan salah satu persoalan yang belum bisa diselesaikan Bali. Selain itu, kemacetan, SDM, dan keamanan juga menjadi pekerjaan rumah bagi Bali.

Ia mengatakan aparat keamanan, seperti polisi lalu lintas perlu ditambah untuk mengatur lalu lintas. Keberadaan lebih banyak aparat keamanan, lanjutnya, juga membantu menjaga keamanan objek-objek pariwisata.

Dewasa ini, berbagai tindakan seperti pencurian, pemerkosaan, peredaran narkoba, dan penipuan money changer sangat meresahkan wisatawan. Ia mengutarakan rasa nyaman untuk wisatawan yang berwisata di Bali perlu ditingkatkan lagi mengingat kriminalitas terhadap wisatawan masih cukup tinggi.

Tidak hanya keamanan dan kemacetan yang perlu diperhatikan, SDM pariwisata juga perlu ditingkatkan. “Masih banyak hal yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas, serta mempertahankan Bali sebagai the world’s best destination,” katanya. (kmb/balitv)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.