Wanita Perokok
Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Wanita merokok berpotensi mengalami menopause dini dibanding wanita yang sama sekali tidak memiliki kebiasaan merokok. Menurut studi wanita merokok akan mengalami menopause empat tahun lebih awal.

American Society of Reproductive Medicine, dikutip dari liputan6.com, mengatakan belum banyak wanita yang sadar efek rokok berpengaruh terhadap siklus menstruasi hingga menopause mereka. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh nikotin, sianida, dan karbon monoksida pada rokok yang mempercepat hilangnya sel telur.

Baca juga:  Evakuasi WNA dari Bali Masih Terjadi, Puluhan WN Kazakhstan Pulang

Frederick Naftolin, MD, PhD, ob-gyn, profesor dan co-director dari Program Interdisipliner untuk Pengobatan Menopause di NYU Langone’s school of medicine, menjelaskan saat sel telur mati maka mereka tidak bisa diregenerasi atau diganti lagi.

Selain wanita merokok, faktor pemicu menopause dini datang dari kebiasaan olahraga berlebihan. Meski olahraga merupakan bentuk aktivitas sehat yang direkomendasikan setiap pakar kesehatan, sayangnya dokter obgyn dari Providence Saint John’s Health Center in Santa Monica, Sherry Ross, M.D., mengatakan olahraga berlebihan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. (Goes Arya/balipost)

Baca juga:  Jasad Tukang Pijat Dievakuasi Petugas Ber-APD
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *