DENPASAR, BALIPOST.com – Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Denpasar terus mengepakkan sayap memasarkan produk unggulan Denpasar hingga ke mancanegara. Kali ini berpameran dengan menampilkan produk lokal Denpasar dilakukan UKM Denpasar di Manila, Filipina.

Pameran yang diikuti Pemkot juga didukung Kementerian Koperasi dan UKM RI dengan agenda berpameran dari 21-23 April 2017 di World Trade Centre Manila. UKM Denpasar menampilkan produk fashion, tekstil yakni endek, dan kerajinan tangan lewat kipas Srikandi.

Manila FAME, yang diselenggarakan oleh Pusat Pameran Dagang Internasional (CITEM), Departemen Perdagangan dan Industri Filipina, telah mendapat pengakuan resmi dari the Union des Foires Internationals (UFI), atau Asosiasi Industri Pameran Global, yang berpusat di Paris, dan dibentuk 90 tahun lalu di Milan, Italia. Berbagai karya kerajinan unggulan seperti mebel, cinderamata, peralatan rumah tangga, asesori kebun, dan berbagai produk fashion ditampilkan dalam pameran tersebut serta diikuti lebih banyak pengusaha UKM, seniman, desainer, dan menyajikan produk yang lebih beragam.

Tentu hal tersebut menjadi kesempatan besar bagi UKM Denpasar dalam menampilkan produknya. Menurut salah satu pelaku UKM Denpasar, Ni Wayan Ria Mariani atau yang lebih dikenal dengan nama Rhea Cempaka produk endek yang dibawa dalam pameran ini sangat diminati masyarakat Manila. Meski di Filipina sendiri memiliki kain tenun ikat endek yang hampir menyerupai motif tenun ikat Bali, tenun Bali memiliki perbedaan pada bahan.

Baca juga:  Sidak Pasar, Pedagang Terancam Kehilangan Hak Kios Jika Melanggar

Dari keikutsertaannya kali ini, menurut Rhea, menjadi kesempatan berharga bersama-sama beberapa pelaku UKM Denpasar serta dari Kementerian Koperasi dan UKM RI. “Tentu produk endek yang telah terkenal ini tetap kita tampilkan dalam berbagai corak dan warna yang nantinya mampu memberikan ciri khas tersendiri produk tenun ikat Bali,” katanya.

Stand pameran UKM Denpasar menjadi pilihan tersendiri bagi para wisatawan dan masyarakat Manila yang meramaikan pameran ini.

Di samping berpameran, UKM Denpasar juga berkesempatan menggali ilmu dan inovasi dalam peningkatan produk-produk UKM Denpasar. “Peluang berpameran ini juga untuk lebih memperkenalkan produk UKM Denpasar. Meski hal ini telah sering dilaksanakan Pemkot Denpasar, namun kesempatan kali ini menjadi berbeda dalam memperluas agenda promosi produk,” ujarnya. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.