GIANYAR, BALIPOST.com – Sudah sekian tahun kapasitas rumah tahanan (Rutan) kelas II B Gianyar overload. Wacana pemindahan kawasan hotel prodeo ini pun sempat beberapa kali mengemuka, namun tak kunjung terealisasi.

Kini Bupati Gianyar, AA Bharata disebut kembali menjanjikan tukar guling kawasan Rutan Gianyar dengan lahan seluas 2 Hektar di Kelurahan Bitra, Gianyar. Kepala Kesatuan Keamanan Rutan Gianyar, I.B. Dwikora Putra, Jumat (21/4), mengungkapkan wacana pemindahan Rutan Kelas 2 B Gianyar bukan hal baru.

Bahkan seingatnya sudah sampai 3 kali wacana pemindahan dengan 3 tempat berbeda itu mengemuka. Seperti wacana pemindahan di Desa Petak, Gianyar. “Pertama kan yang di Desa Petak, namun tempat ini ditolak katanya terlalu jauh,” ucapnya seizin Kepala Rutan Gianyar Putu Astawa.

Selanjutnya mencuat pula wacana tukar guling lahan Rutan Gianyar ke Desa Temesi, namun setelah ditinjau kawasan tersebut juga tidak sesuai. “Nah terakhir Bapak Bupati menawarkan tukar guling dengan lahan seluas dua hektar di Kelurahan Bitra, namun sampai sekarang tidak kesampaian,” ungkapnya.

Dwikora mengungkapkan bahwa orang nomor 1 di Gianyar itu kembali mewacanakan tukar guling tersebut dalam kunjungan ke Rutan Gianyar sekitar sebulan lalu. Dengan kembali disampaikannya wacana tersebut pihaknya pun berharap kali ini bisa terrealisasi. “Saat itu Bapak Bupati sudah meminta agar ini segera diproses, dan kami harap wacana ini bisa terwujud sebab saat ini Rutan Gianyar sudah overkapasitas,” harapnya.

Baca juga:  Burung Kokokan Desa Petulu Jadi Maskot Porprov 2017

Dijelaskan Rutan Gianyar yang memiliki luas seluruh wilayah sekitar 44 are ini memiliki kapasitas tahanan 44 orang. Namun saat ini yang terisi justru sampai 92 orang terdiri dari 45 tahanan dan 47 narapidana. “Menambah bangunan di areal yang sekarang ini pun jelas tidak bisa, karena memang sudah padat sekali, sehingga yang menjadi harapan memang pindah tempat,” ucapnya.

Menurutnya, ideal kawasan yang dijadikan rutan ialah 5 km dari permukiman. Sementara Rutan Gianyar saat ini berada tepat di tengah kota, bersebelahan dengan Kantor Dinas Pariwisata Daerah Kabupaten Gianyar dan Kantor DPRD Gianyar. “Kalau di Bitra ini bisa terwujud mungkin di sana cukup sesuai,” tandasnya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.