TABANAN, BALIPOST.com – Mendapatkan berbagai masukan dan saran dari para pelaksana aparatur pemerintahan di wilayah Kabupaten Tabanan, Kodim 1619 /Tabanan menggelar kegiatan komunikasi sosial (Komsos), Jumat (21/4) di halaman makodim setempat. Dihadiri 150 undangan baik dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) kabupaten Tabanan, unsur Danramil, Kapolsek, Camat, Perbekel dan tokoh masyarakat lainnya.

Kegiatan komsos tersebut sekaligus ajang sinergi dalam mewujudkan pembinaan, perlawanan wilayah yang ada di Kabupaten Tabanan. Apalagi saat ini hampir di seluruh wilayah telah dihadapkan dengan proxy war yakni perang dengan menggunakan tangan pihak ketiga. Seperti narkoba, kenakalan remaja, demonstrasi dan sebagainya.

Dandim 1619/Tabanan, Letnan Kolonel Inf Herwin Gunawan menyampaikan komsos dengan aparat pemerintah ini juga ada kaitannya dengan tugas utama kodim. Yaitu untuk mendapatkan berbagai masukan dan saran dari para pelaksana aparatur pemerintahan yang ada di wilayah Kabupaten Tabanan demi tegaknya NKRI. “Paling tidak akan ada kontribusi positif pada kehidupan masyarakat dan rencana pembangunan di Tabanan, serta amannya kebijakan yang diturunkan oleh pemerintah melalui berbagai lembaga,” ucapnya.

Baca juga:  Rastra Tabanan Segera Didistribusikan

Di samping itu, terbatasnya personel TNI yang bertugas sebagai aparat teritorial di wilayah Tabanan, menilai kegiatan komsos ini lebih efektif. Dandim juga mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan hubungan erat antara prajurit TNI AD dengan aparat pemerintah untuk kepentingan pertahanan negara, membangun karakter bangsa melalui revolusi mental bagi generasi muda dan mengantisipasi munculnya bahaya laten komunis. “Kami juga telah ikut berperan aktif membantu pemerintah daerah dalam mensejahterakan masyarakat,” ucapnya.

Diantaranya membantu pencapaian swasembada pangan, mendampingi distan, karya bhakti pembuatan jembatan, jalan, dan jalan subak, membantu dinas PU pembuatan jamban yanh kini sudah lebih dari 200 jamban, bedah rumah, bedah warung, pembuatan jembatan darurat di Baturiti dan kegiatan lainnya.

Kepala Kesbangpolinmas Tabanan IGN Agung Suryana, mewakili Bupati Tabanan menyambut baik apa yang telah dilakukan jajaran Kodim 1619/Tabanan. Menurutnya, pembangunan tidak hanya dipayungi dengan regulasi tapi faktor sinergi antara keamanan juga harus ditingkatkan. Apalagi, selama ini jajaran TNI/Polri juga telah membantu pembangunan di Tabanan baik itu dalam hal pembangunan jalan, dan jembatan. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.