AKD DPRD Gianyar Dirombak
Ilustrasi. (BP/dok)
NEGARA, BALIPOST.com – Proses Pergantian Antarwaktu (PAW) anggota DPRD Jembrana dari Fraksi PDI Perjuangan, I Made Sueca Antara belum juga rampung. Setelah menerima Surat Keputusan (SK) pemberhentian, DPRD akan bersurat dengan KPUD Jembrana guna penentuan calon pengganti.

Sekretaris DPC PDIP Jembrana, Ni Made Sri Sutharmi, dikonfirmasi Senin (17/4) mengungkapkan proses saat ini masih menunggu lembaga DPRD untuk pengajuan pengangkatan PAW. SK dari Gubernur terkait pemberhentian sudah diterima sejak dua pekan lalu, setelah Sekretariat DPRD melakukan jemput bola. “Sudah diterima, selanjutnya lembaga akan bersurat resmi ke KPU Jembrana terkait pengganti,” ujar Sutarmi yang juga menjabat Ketua Komisi A DPRD Jembrana ini.

Partai, menurutnya, sudah mengantongi nama calon pengganti yakni Dewa Komang Wiratnadi. Calon PAW ini menurutnya juga sesuai dengan persyaratan di Dapil yang sama dan suara dibawah Sueca Antara. “Sebelumnya DPC juga sudah menanyakan ini ke KPU, selanjutnya secara kelembagaan nanti DPRD yang bersurat,” tambahnya.

Baca juga:  PAW Sueca Antara Tunggu Surat Gubernur
Tahapan berikutnya adalah dengan mengajukan penetapan PAW kepada Gubernur Bali melalui Bupati Jembrana.

Made Sueca Antara sebelumnya diajukan untuk diberhentikan setelah tersandung hukum kasus BBM Bersubsidi. Putusan hukum sudah inkrah dan yang bersangkutan saat menjalani hukuman penjara.

Proses PAW anggota dewan ini atas permintaan partai dan sedikit berbeda dengan proses PAW lainnya sebab berkaitan dengan masalah hukum. Selama proses PAW masih berjalan, jumlah anggota dewan yang aktif dari PDIP di DPRD Jembrana masih tercatat 14 orang. Satu orang status non-aktif sejak 1,5 tahun terkait masalah hukum.

Ketua KPU Jembrana, Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya, dikonfirmasi proses PAW mengatakan setelah ada permintaan, KPU nantinya akan memberikan hasil perolehan suara di Dapil (daerah pemilihan) 4 Jembrana. Dari hasil perolehan suara, Dewa Komang Wiratnadi ada dibawah Sueca Antara. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.