Rakernas JKPI
Bupati Bharata (2 kiri) saat menyambut tamu undangan di pembukaan Rakernas JKPI, Senin (17/4). (BP/ist)
GIANYAR, BALIPOST.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-6 Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) dibuka Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata di Balai Budaya, Senin (17/4). Rakernas diikuti 58 Kabupaten/Kota se-Indoensia yang menjadi anggota JKPI.

Rakernas akan digelar selama 5 hari, mulai 15 hingga 20 April di Gianyar. Rakernas diisi dengan pemaparan dari Ketua Pembina BPPI, Hashim Djojohadikusumo.

Hashim dalam sambutannya menyinggung perencanaan tata ruang wilayah yang harus dipikirkan secara matang, agar tidak merusak kekayaan pusaka yang bernilai tinggi yang dimiliki tiap wilayah. Jangan sampai, pengalaman negara-negara besar seperti Tiongkok, Yunani, Perancis, Spayol ataupun Italia, yang melakukan berbagai perubahan tata ruang dengan perencanaan yang tidak matang, terjadi di Indonesia.

Baca juga:  Melalui Lomba Mesatua Bali, Bupati Gianyar Salurkan Kreasi Penyandang Disabilitas
Dikatakan berdasarkan penelitian, hal tersebut telah menjadikan negara-negara itu mengalami kerugian besar secara ekonomi, terutama di bidang pariwisata. “Karena kerusakan pusaka yang bernilai tinggi itu banyak wisatawan yang beralih dengan mengunjungi kawasan yang masih memiliki kekayaan pusaka,” katanya.

Hashim mengimbau kepada anggota JKPI, khususnya para kepala daerah agar selalu meningkatkan kesadaran akan budaya dan kekayaan pusaka yang dimiliki daerahnya masing-masing. Terus menjaga ciri khasnya dan terus menghargai sejarah. Kapala daerah juga dihimbau untuk memperhatikan pendidikan agar generasi penerus ditanamkan rasa cinta dan bangga akan kekayaan pusakanya.

Bupati Gianyar berharap kedatangan para peserta rakernas JKPI di Kabupaten Gianyar mendorong masyarakat Gianyar memelihara pusaka, baik pusaka alam, budaya dan saujana di Kabupaten Gianyar. Hingga saat ini pusaka tersebut masih terpelihara dengan baik, karena pusaka yanga ada di Kabupaten Gianyar berkaitan erat dengan kehidupan dan penghidupan masyarakat Gianyar.

Dalam kesempatan itu juga diselenggarakan serah terima Jabatan Ketua Presidium JKPI dari Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata kepada Walikoa Baubau, Drs A.S. Tamrin, MH. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.