Teh. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Rahasia tentang cara terbaik menyeduh secangkir teh sudah lama diperdebatkan. Namun menurut sebuah studi terbaru dari University of Newcastle di New South Wales, Australia, sebaiknya menggunakan microwave–terutama jika ingin mendapatkan secangkir teh yang sehat.

Dalam studi yang dilakukan oleh Quan Vuong, Ph.D, dosen senior di School of Enviromental and Life Sciences, ia mengekstraksi komponen penting dari teh hijau dan teh hitam. Hasilnya, dia menemukan bahwa menggunakan metode di bawah ini akan mengaktivasi 80 persen kafein, theanin, dan polifenol, sehingga menghasilkan cita rasa teh terbaik.

Berikut cara menyeduh teh yang baik :

1. Masukkan air panas dalam cangkir bersama kantong teh.
2. Panaskan dalam microwafe selama 30 menit dengan suhu sedang.
3. Diamkan selama satu menit.

Baca juga:  Ternyata, Makan Es Krim Pagi Hari Tingkatkan Kecerdasan

Theanine adalah asam amino esensial yang bisa meningkatkan rasa tenang, dan polifenol, yang juga ditemukan di dalam cokelat hitam, adalah antioksidan yang sudah dihubungkan dengan pencegahan penyakit degeneratif.

“Microwave adalah salah satu teknologi canggih yang memungkinkan kita untuk mendapatkan senyawa bioaktif dari suatu produk,” Dr. Vuoang menjelaskan.

Sayangnya, walaupun dikabarkan lebih sehat, penemuannya ini menuai protes besar-besaran. Terutama dari orang Inggris yang mengganggap ritual minum teh sebagai sesuatu yang sangat penting. Mereka tetap yakin, cara terbaik menyeduh teh adalah dengan air mendidih yang baru saja dimasak dalam poci. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.