GIANYAR, BALIPOST.com – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Gianyar tidak  hanya dilakukan pendidikan formal. Pertama kalinya pendidikan non formal di kawasan seni ini juga melaksanakan ujian paket C dengan sistem online tersebut.

Ujian untuk seratus lebih peserta dari tiga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ini digelar, Sabtu (15/4), berbarengan dengan perayaan Hari Raya Kuningan. Ketua PKBM Widia Asrama, Gede Adistana Wira Saputra menjelaskan ada tiga PKBM di Gianyar yang ditunjuk langsung oleh Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud RI untuk melaksanakan UNBK. Yakni PKBM widia Asrama (Gianyar), PKBM Wahyu Putra (Sukawati) dan PKBM Melati (Payangan).

“Pertimbangan mengapa kami melaksanakan UNBK semua ada di pusat, jadi kami sebagai PKBM hanya menjalankan sesuai surat penunjukan,” katanya.

Dikatakan setelah menerima surat penunjukan tersebut, pihaknya pun langsung melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar. Ternyata pemerintah pusat juga menyampaikan surat penunjukan kepada SMPN 1 Gianyar untuk menyediakan peminjaman tempat pelaksanaan UNBK untuk 3 PKBM ini. “Mungkin pusat sudah mengkaji, bahwa di sekolah ini kami bisa meminjam tempat sarana hingga para petugas untuk pelaksanaan UNBK ini,” katanya.

Baca juga:  UNBK Alami Ganguan, di SMAN 1 Gianyar Listrik Padam hingga Server Rusak
Diakui 3 PKBM di Gianyar ini merupakan yang pertama melaksanakan UNBK, dengan jumlah peserta dari 3 lembaga pendidikan non formal ini sebanyak 139. Dari jumlah itu ada I Wayan Subratna, asal banjar Kesian, Desa Lebih sebagai peserta tertua dengan usia 54 tahun. “Meski sudah tua motifasinya untuk menuntaskan pendidikan sangat tinggi, terlebihi beliau sudah tercatat sebagai PNS di salah satu intansi pemerintahan,” katanya.

Ditambahkan di SMPN 1 Gianyar ada 90 lebih unit komputer, yang akan digunakan untuk pelaksanaan UNBK. Mematangkan persiapan, para peserta dari ketiga PKBM ini pun sudah melakukan sinkronisasi hingga simulasi. “Kami juga sudah menyampaikan krodinasi dengan PLN untuk memastikan stabilitas listrik dan Telkom untuk menjaga kondisi jaringan internet,” jabarnya.

Selama proses UNBK, setiap hari peserta akan menghadapi ujian dua mata pelajaran, dalam setiap mata pelajaran dibagi dalam dua sesi. “Jadwal ujian untuk paket C dilaksanakan 15 dan 16, dilanjutkan 22 dan 23 April,” jelasnya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.