tarif
Kapal ferry sandar di Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi. (BP/dok)
BANYUWANGI, BALIPOST.com – Long weekend dimanfaatkan warga untuk berlibur, salah satunya ke Bali. Libur panjang akhir pekan ini, penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ke Bali mengalami peningkatan.

Meski tipis, peningkatan ini cukup terasa, dibanding hari biasa. Penumpang yang akan ke Bali didominasi kendaraan pribadi, disusul bus pariwisata. “Memang ada kenaikan penumpang, terutama kendaraan pribadi dari Ketapang ke Bali. Namun, tak signifikan, hanya sekitar 1 – 1,5 persen,” kata Manajer Usaha PT Indonesia Ferry-ASDP Ketapang, Ardi Ekapati, Jumat (14/4) siang.

Menurutnya, kenaikan kendaraan pribadi ke Bali mulai terasa, Kamis (13/4) sore hingga malam. “Kalau hari ini, sudah mulai normal,” jelasnya.

Kendaraan pribadi banyak menyeberang ke Bali sore hari. Sedangkan bus pariwisata masuk saat malam hari.

Baca juga:  Arus Balik Nyepi, Kendaraan Pribadi Padati Ketapang
Ditambahkan, kenaikan penumpang ke Bali adalah fenomena biasa ketika long weekend. Meski terjadi kenaikan, pihaknya tak memperlakukan kebijakan khusus pelayanan penyeberangan.

Sebab, kenaikannya masih relatif wajar. Jumlah kapal yang beroperasional hingga jadwal bongkar muat tetap seperti biasa. “Kenaikannya masih normal. Tidak ada penambahan kapal, semuanya tetap seperti biasa,” jelasnya.

Naiknya jumlah penumpang ke Bali juga dirasakan sejumlah pedagang asongan di Ketapang. Mereka mengaku sejak Kamis siang, arus kendaraan yang masuk ke Ketapang sedikit meningkat.

Namun, tak sampai antrean panjang. “Rata-rata berplat nomor kota besar di Jawa. Mungkin keluarga yang mau liburan ke Bali,” kata salah satu pedagang. (Budi Wiriyanto/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.