Kepala KPw BI Bali Causa Iman Karana (kiri). (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Penertiban pengawasan KUPVA BB ilegal masih berjalan bersama Bareksrim. Tim menyusuri jalan di Kuta, Seminyak, Sanur. “Penertiban akan dilakukan terus menerus sehingga bisa menjadi KUPVA BB profesional dan menjaga citra baik pariwisata,” kata Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Bali, Causa Iman Karana, Rabu (12/4).

Terkait modus kecurangan yang kerap dilakukan KUPVA BB sudah disosialisasikan. KUPVA BB ilegal telah diberikan stiker agar beroperasi dengan baik dan benar. Apalagi Bali akan menjadi tempat event internasional nantinya.

Memang indikasi tindak pencucian uang di KUPVA BB belum ada. Namun ia menyebutkan ada indikasi lain penyalahgunaan KUPVA BB yaitu jual beli ijin. “Beli ijin lalu buka cabang. Jadi tidak bisa dicopy ijinnya,” ungkapnya.

Baca juga:  Pertokoan Genteng Biru Terbakar, Satu Orang Luka

Kecurangan yang kerap dilakukan adalah kurs yang dipajang tidak sesuai transaksi yang dilakukan. Dikhawatirkan hal tersebut merusak citra pariwisata Bali.

Dari 70 KUPVA BB ilegal, 40-an KUPVA BB telah disegel dan data tersebut terus bergerak. KUPVA BB yang melepas stiker juga dapat dipidanakan. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.