TANGERANG, BALIPOST.com – Liga sepak bola usia dini bertajuk Angkasa Pura II – Indonesia Junior League (AP II – IJL) digelar di lapangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Minggu (9/4). Kejuaraan dibuka Menhub Budi Karya Sumadi, President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono, diikuti 30 Sekolah Sepak Bola (SSB).

AP II – IJL yang didukung oleh Asosiasi Pemain Sepakbola Indonesia (APSI) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ini mempertandingkan dua kelompok umur yakni liga U-11 yang diikuti sebanyak 16 tim dan liga U-9 dengan sebanyak 14 tim. Adapun liga akan berputar hingga September mendatang dengan pertandingan digelar setiap hari Minggu.

Presdir AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, merasa terpanggil untuk dapat mendukung kemajuan bangsa dan negara melalui pembangunan manusia, yang salah satunya melalui pembinaan pemain sepak bola sejak usia dini. Penyelenggaraan AP II–IJL ini, kata Awaluddin, juga sekaligus membuktikan komitmen AP II melakukan pembinaan terhadap pemain-pemain sepak bola masa depan yang akan mengharumkan nama Indonesia sekaligus menjadi contoh dari kepedulian pemangku kepentingan di sektor perhubungan udara untuk terhadap dunia sepak bola Indonesia.

Baca juga:  Sepak Bola Masuk Ekskul Wajib di Badung
Di samping itu, kata dia, juga dalam rangka mendukung program pemerintah tentang prioritas percepatan pembangunan sepak bola yang salah satunya adalah pembinaan usia dini. “Kami juga berterima kasih kepada Bapak Menteri Perhubungan yang sejak lama telah menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia sepak bola di Tanah Air,” jelas Awaluddin.

Sementara Menhub mengatakan, kemampuan dan profesionalisme para industriawan dan stakeholder industri penerbangan di dalam negeri telah diakui oleh dunia internasional. Terbukti dari sejumlah penghargaan berkelas dunia yang berhasil diraih maskapai nasional dan juga pengelola bandara.

Oleh karena itu, sebagai pelaku di industri penerbangan hendaknya mau berbuat lebih dan menularkan kemampuan untuk memajukan Bangsa dan Negara di sektor lainnya, tidak hanya sektor penerbangan. “Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan AP II – IJL ini karena selaku pengelola bandara, AP II mau berbuat lebih dalam mendukung pemerintah memajukan sektor olah raga khususnya sepak bola ” kata Menhub.

Baca juga:  AP-2 Janjikan Insentif untuk Nge-RON ke Luar Soetta
COO AP II- IJL Rezza Mahaputra Lubis mengatakan, Liga ini dikelola secara professional. Tim yang berlaga adalah hasil dari proses screening yang sebelumnya telah dilakukan. “Tim yang berminat sangat banyak, namun yang lolos screening total hanya 30 tim,” ungkapnya.

Penyelenggaraan AP II-IJL ini juga menghadirkan inovasi terbaru di dunia liga sepak bola usia dini, yakni setiap pemain akan memiliki statistik pertandingan untuk memantau perkembangan. Statistik pertandingan ini dapat diakses di situs resmi Indonesia Junior League. “Di dalam situs tersebut kami juga akan menampilkan pertandingan-pertandingan yang digelar setiap minggunya,” papar Rezza.

Bagi pemain terbaik di setiap posisi akan bergabung ke dalam AP II – IJL All Star. Mereka berkesempatan untuk mengikuti turnamen Singa Cup yang akan digelar di Singapura pada akhir tahun ini. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.