AMLAPURA, BALIPOST.com – Setelah lama vakum, Dewan Pendidikan Karangasem akhirnya membentuk kepengurusan baru. Drs. I Putu Toya, M.M., terpilih sebagai Ketua Dewan Pendidikan Karangasem, Jumat (7/4).

Sebelum memilih ketua, ada sebelas nama tokoh pendidikan dan tokoh dari berbagai unsur swasta lainnya yang lolos seleksi. Sebelas nama itu, antara lain Drs. I Putu Toya, M.M., I Wayan Suda, S.H., I Wayan Gede Susila, S.H., Drs. I Gede Jabang, M.Pd., I Ketut Latri, S.Pd., M.Pd, Ni Made Santikawati, S.Pd.,M.Si, Drs. I Ketut Sudana, M.Si, I Made Bagiarta M. S.Pd, I Wayan Artana S.Pd.,M.Pd, I Wayan Putra S.Pd.SD dan I Gede Suardana, ST.MAP.  Seluruh nama-nama yang terpilih ini lantas menggelar rapat penentuan ketua dan posisi pengurus lainnya.

Putu Toya terpilih secara aklamasi, karena paling memenuhi syarat sebagai Ketua Dewan Pendidikan Karangasem, periode 2017-2021 ini. Sebab, untuk posisi ketua, ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi, seperti tidak boleh dari unsur PNS, tidak beraviliasi dengan partai politik tertentu dan kepentingan politik lainnya serta harus menguasai seluk beluk mengenai pendidikan.

Baca juga:  Pendidikan Berbasis Hindu Bentuk Karakter Generasi Muda
Artinya, posisi ketua harus dipegang oleh orang yang berpengalaman. Dengan ketiga persyaratan sebagai ketua tersebut, seluruh nama pengurus ini sepakat memilih Putu Toya sebagai Ketua Dewan Pendidikan secara aklamasi.

Setelah memilih ketua, rapat perdana itu juga langsung menentukan nama-nama di atas untuk menempati struktur pengurus Dewan Pendidikan Karangasem. “Dewan Pendidikan memiliki peran strategis, sebagai penyeimbang. Ini akan efektif, nanti bergandengan tangan bersama Dinas Pendidikan memperbaiki kualitas pendidikan kita di Karangasem,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, Gusti Ngurah Kartika, mengatakan dengan dibentuknya pengurus baru Dewan Pendidikan Karangasem, diharapkan ada peningkatan peran. Untuk bersama-sama membangun pendidikan, untuk melahirkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berdaya saing.

Kepala Dinas yang baru saja dilantik ini, siap membuka diri untuk menerima segala bentuk kritik apapun, sepanjang itu konstruktif. Sehingga pendidikan di Karangasem semakin maju. “Pada prinsipnya Dinas Pendidikan dan Dewan Pendidikan muaranya sama, yaitu menuju peningkatan mutu pendidikan,” tegasnya.

Setelah struktur kepengurusannya lengkap, selanjutnya pengurus Dewan Pendidikan Karangasem akan dilantik Bupati Karangasem. (Bagiarta/balipost)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.