BANGLI, BALIPOST.com – Satuan Lalu Lintas (Lantas) Polres Bangli bakal melakukan pengalihan arus lalu lintas (lalin) di wilayah Batur Kintamani selama berlangsungnya karya Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur. Pengalihan arus lalin tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kemacetan panjang, sepanjang jalur menuju Pura Khayangan Jagat tersebut.

Kasat Lantas Polres Bangli AKP I Gusti Ayu Udayani Addi, Jumat (7/4) mengatakan, pengalihan arus lalin mulai dilakukan pada 9 April hingga berakhirnya karya Ngusaba Kedasa 24 April mendatang. Para pengguna jalan nantinya akan dialihkan untuk melalui beberapa jalur alternatif yang telah ditentukan.

Dijelaskan AKP Udayani sesuai rencana yang telah disusun, arus lalin pada saat karya berlangsung akan diberlakukan satu arah. Pemedek dari utara setelah sembahyang sampai di simpang tiga Katung tidak diperbolehkan ke selatan.

Baca juga:  11 April, Karya Pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur
Pengguna kendaraan harus belok kanan lewat Pedulu ke selatan sampai ke simpang tiga Petung Utara. Kendaraan dari arah selatan sampai di simpang tiga Katung tidak diperbolehkan ke utara tapi belok kiri dan parkir di Tunon kecuali kendaraan penganyar dan VIP.

Kendaraan yang akan ke Singaraja akan dialihkan lewat jalur Gunung Kunyit, terus tembus ke KUD. Sementara kendaraan yang datang dari arah utara (bukan pemedek), diarahkan ke simpang Blancan ke kanan tembus di simpang empat Peludu lanjut ke selatan/ke timur. “Pengalihan arus lalinnya masih sama seperti tahun lalu, Cuma di jalur gunung kunyit (Jalan Gunung Sati) saat ini ada bahu jalan yang jebol sehingga menghambat arus. Terkait hal itu kita sudah bersurat ke Dinas PU,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi semakin parahnya jalan jebol di jalur Gunung Kunyit terlebih dengan kondisi cuaca hujan saat ini, pihaknya mengharapkan pengendara yang melintas hanya mobil kecil saja. “Masih bisa dilalui. Tapi kalau kendaraannya banyak dan besar dikhawatirkan kerusakannya semakin parah,” ujarnya.

Pihaknya mengaku bakal memasang policeline sebagai tanda peringatan kepada pengendara agar berhati-hati saat melintasi jalan tersebut.

Sementara untuk tempat parkir, Udayani menyebutkan, tempat parkir yang disediakan yakni di depan Pura Batur (sulinggih dan VIP), Pasar Kintamani, Lapangan Kintamani, Terminal Katung dan depan restoran Maharaja. AKP Udayani meminta kepada pengendara agar tidak melawan arus lalin yang telah ditentukan. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.