Tumbuh Kembang
Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Tumbuh kembang yang baik tak terlepas dari asupan yang kita makan. Protein merupakan sumber penting dalam tumbuh kembang.

Secara garis besar, sumber protein dibagi menjadi dua: sumber protein hewani dan nabati. Sesuai dengan namanya, sumber protein hewani berasal dari hewan, misalnya daging atau telur. Sedangkan sumber protein nabati berasal dari tumbuhan, seperti kacang-kacangan, termasuk tempe dan tahu.

Makanan sumber protein tersebut mengandung protein dalam jumlah yang berbeda-beda. Berikut sejumlah makanan yang memiliki protein baik untuk tumbuh kembang anak-anak, dikutip dari klikdokter.com :

1. Ikan
Ikan, terutama tuna dan salmon merupakan sumber protein yang paling baik. Oleh karena itu, konsumsi ikan sangat dianjurkan pada anak-anak.

2. Dada ayam
Ayam adalah salah satu sumber protein hewani. Dada ayam mengandung protein lebih tinggi, karena bagian ini mengandung lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan bagian lainnya. Tekstur yang lembut dan tidak bertulang membuat dada ayam sumber protein yang mudah diolah untuk makanan anak.

3. Daging (yang tidak berlemak)
Daging sapi atau kambing juga merupakan sumber protein yang baik. Sama seperti daging ayam, bagian yang tidak berlemak memiliki ratio jumlah protein per kalori yang lebih tinggi. Untuk anak, lebih mudah untuk melahapnya jika disajikan dalam bentuk daging cincang.

Baca juga:  Makanan yang Merusak Sistem Imun Tubuh

4. Tahu
Meskipun berasal dari tumbuhan, tahu yang terbuat dari bahan dasar kedelai mengandung protein yang cukup tinggi. Harganya yang terjangkau menjadikan tahu sebagai alternaif sumber protein utama sehari-hari. Tekstur yang lembut menjadikannya salah satu sumber protein nabati favorit untuk anak.

5. Kacang-kacangan
Sama seperti kedelai, kacang-kacangan jenis lainnya juga banyak mengandung protein. Selain itu, kacang-kacangan juga tinggi serat. Tekstur renyahnya bisa menjadi variasi di tengah tekstur sumber protein lain yang cenderung terlalu lunak atau terlalu keras.

6. Telur
Sebanyak 35 persen kandungan nutrisi pada telur adalah protein. Selain mengandung protein tinggi, telur juga mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan. Rasa gurih telur hamper selalu dapat diterima lidah anak.

7. Susu dan produknya
Susu sapi dan produknya juga merupakan salah satu sumber protein. Produk susu yang masih mengandung protein cukup tinggi antara lain yoghurt dan keju. Semakin dini anak mengenal susu dan keju, semakin mudah menawarkannya kepada mereka, semakin tinggi asupan protein yang dapat diterima. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.