Bayi Lahir saat Nyepi
Direktur BRSUD Tabanan, dr. Nyoman Susila. (BP/dok)
TABANAN, BALIPOST.com – Selama dua minggu berturut-turut, layanan poliklinik BRSU Tabanan ditutup selama libur hari raya. Setelah nyepi, minggu ini pun layanan Poliklinik kembali tutup dari Selasa (4/4) hingga Kamis (6/4).  Untuk itu BRSU Tabanan membuka layanan di IRD selama libur hari raya.

Tidak hanya melayani pasien emergency, di IRD nantinya juga menerima pasien non emergency. Dan bagi peserta JKN, bisa menggunakan haknya di IRD meski bukan kasus emergency.

Direktur BRSU Tabanan, dr. Nyoman Susila, Senin (3/4) kemarin memaparkan  selama ini untuk layanan JKN di IRD adalah untuk pasien emergency. Namun khusus libur hari raya Galungan pasien non emergency pun dilayani sehingga masyarakat yang memerlukan kontrol  bertepatan pada libur hari raya tidak perlu menunggu hingga Poliklinik kembali buka karena bisa dilayani di IRD.

Untuk mempersiapkan diri terjadinya pembludakan pasien non emergency maupun emergency selama libur Galungan ini lanjut Susila telah disiagakan lima orang dokter jaga per shift.

Baca juga:  Di Tabanan, Enam Bayi Lahir saat Nyepi
Sementara itu untuk logistik seperti obat-obatan dan bahan habis pakai menurut Susila tidak masalah dalam hal ketersediaan. Meski diakuinya, banyak libur dalam dua minggu terakhir, namun pihak BRSU Tabanan dalam hal logistik seperti obat-obatan dan bahan habis pakai masih dalam status stok minimal. ‘’Artinya stok obat dan bahan habis pakai masih di atas angka minimal. Jika sudah mencapai angka minimal baru dilakukan proses pengadaan. Jadi selama liburan Galungan karena belum mencapai angka minimal, stok masih aman dan proses pengadaan bisa dilakukan setelah hari libur,’’ jelas Susila.

Selain pelayanan difokuskan di IRD, layanan yang tetap buka selama liburan Galungan adalah  kamar bersalin dan kamar operasi. Untuk pasien cuci darah, prosesnya seperti waktu Nyepi dimana jadwal pasien dimajukan sehari. Sehingga pasien yang mendapatkan jadwal cuci darah pada hari Rabu (5/4) tetap terlayani. ‘’Layanan cuci darah selama libur ini hanya tutup pada Rabu (5/4). Agar pasien yang terjadwal di hari itu tetap mendapatkan layanan, jadwal pekan ini dimajukan sehari. Jadi Minggu (2/4) kemarin buka,’’ jelas Susila. (Wira Sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.