Potensi Kuliner
Festival kuliner digelar Pemkab Gianyar dalam rangka menggali potensi kuliner Gianyar. (BP/nik)
GIANYAR, BALIPOST.com – Menggali potensi kuliner lokal khas Gianyar, Pemkab menggelar Gianyar Kuliner Festival di areal Car Free Day, Taman Ciung Wanara, Minggu (2/4). Kegiatan ini pun diikuti puluhan peserta, dari PKK hingga siswa SMA/SMK se-Kabupaen Gianyar.

Kepala Dinas Pariwisata, Anak Agung Bagus Ari Brahmanta menjelaskan festival ini bertujuan untuk menggali potensi kuliner khas Gianyar, sekaligus mempromosikan eksistensi dan keunggulannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Kegiatan ini juga sebagai upaya peningkatan pembangunan dan perkembangan sektor pariwisata di Kabupaten Gianyar dengan lebih menonjolkan kuliner lokal,” ucapnya.

Menurutnya keterlibatan masyarakat dalam pengembangan kuliner khas Gianyar melalui kualitas, penataan, pelayanan dan penyajian kuliner yang baik, dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Hal tersebut sesuai dengan tema Gianyar Kuliner Festival Tahun 2017 yakni Peran Kuliner Lokal dalam Industri Pariwisata Gianyar. “Sehingga Kota Gianyar menjadi salah satu daerah tujuan wisata dengan kuliner khas Gianyar sebagai daya tariknya,” imbuh pria akrab disapa Gung Ari.

Baca juga:  ICA Promosi Kuliner Indonesia Tanpa Budget Pemerintah
Ari Brahmanta menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas sajian kuliner khas tradisional Gianyar, khususnya yang disajikan pada pasar-pasar tradisional. “Kami ingin memotivasi para penyaji kuliner khas tradisional Gianyar untuk meningkartkan pelayanan. Serta memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk aktif dalam pengembangan kuliner khas tradisional Gianyar yang sehat dan berkualitas,” jelasnya.

Dari tujuan tersebut Gianyar Kuliner Festival Tahun 2017 mempunyai visi “Mewujudkan Kuliner Gianyar yang Sehat, Berkualitas dan Dapat Berdaya Saing Internasional.” Dijabarkan ada beberapa menu yang dilombakan dalam kegiatan ini, yakni Pepes Ikan Air Tawar dan Jukut Ares diikuti 7 peserta perwakilan dari PKK Kecamatan se-Kabupaten Gianyar, Fruits dan Vegetable Curving (Lomba Mengukir Buah) dengan tema Kokokan diikuti oleh 17 peserta perwakilan SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar.

Hari Jadi

Sementara Asisten Administrasi Administrasi Pemerintahan dan Kesra, I Wayan Suardana, mengatakan Gianyar Kuliner Festival ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Kota Gianyar ke -246. Dikatakan seluruh kegiatan yang dilaksanakan serangkaian peringatan Hari Jadi Kota Gianyar bertujuan untuk menggali sekaligus mempromosikan pariwisata wilayah Timur.

Perayaan Hari jadi Kota Gianyar diharapkan memberikan dampak kepada peningkatan kunjungan wisatawan di Kabupaten Gianyar. Sehingga diharapkan, seluruh pemangku kepentingan dan pelaku pariwisata dapat terlibat secara aktif sehingga kegiatan ini dapat memberi dampak kepada kesejahteraan masyarakat.

Setelah melalui tahap penjurian, peserta yang berhasil meraih juara pada Lomba Pepes Ikan Air Tawar yakni, Juara I PKK Kecamatan Gianyar, Juara II PKK Kecamatan Payangan dan Juara III PKK Kecamatan Sukawati. Sedang Fruits & Vegetable Curving, Juara I SMK N 1 Tegallalang, Juara II SMK Werdhi Kumara dan Juara III SMK Werdhi Sila Kumara. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.