MANGUPURA, BALIPOST.com – Untuk memastikan keamanan baik makanan dan bahan makanan jelang hari raya, BPOM Denpasar melakukan sidak di dua pasar di wilayah Badung, yakni Pasar Mambal dan Pasar Blahkiuh. Dari uji sampling makanan dan bahan makanan di kedua pasar tersebut, ditemukan lima jenis makanan positif mengandung pewarna tekstil rhodamin.

Menurut Kepala Balai Besar BPOM Denpasar, Endang Widowati, menjelang hari raya Galungan dan Kuningan dilakukan sidak makanan dan bahan makanan. Kali ini, ada dua tempat yang dipilih BPOM, yakni di Pasar Mambal dan Blahkiuh.

Dikatakannya dalam sidak makanan dan bahan makanan di kedua pasar tadi, baik Pasar Mambal maupun Pasar Blahkiuh, BPOM melakukan uji sampling terhadap 15 makanan dan bahan makanan. Kemudian kelima belas makanan dan bahan makanan tadi diuji di laboratorium makanan BPOM.

Baca juga:  Pasar Badung akan Terapkan Parkir Berbasis Teknologi

Dari hasil uji laboratorium, lanjutnya, lima diantaranya positif mengandung pewarna tekstil rhodamin. Diutarakan Endang, para pedagang tidak tahu kalau bahan makanan dan makanan yang mereka jual mengandung rhodamin. Oleh sebab itu, ke depannya pihak BPOM bekerjasama dengan kepolisisan akan melacak dari mana asalnya bahan makanan dan makanan yang mengadung rhodamin tersebut.

Sementara itu, untuk zat berbahaya seperti formalin yang sering ditemukan pada daging babi, ayam, ikan, dan tahu, pada pengujian kali ini tidak ditemukan. Begitu juga kandungan boraks. (kmb/balitv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.