MPASI
Kacang Hijau. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kacang hijau telah dikonsumsi oleh penduduk di dataran Cina sejak 2000 tahun silam. Namun sebenarnya makanan yang satu ini tak hanya dikenal oleh penduduk di Cina, dan negara Asia lainnya –seperti India, Bangladesh, Pakistan, dan Indonesia.

Selain nikmat dan mudah didapat, kacang hijau dapat diolah menjadi bubur, sup, kari, dan salad. Bahkan banyak manfaat yang diperoleh dari kacang kecil ini. Anda bisa memanfaatkannya sebagai alternatif variasi menu Makanan Pengganti ASI (MPASI) bagi anak Anda.

Baca juga:  Donor, Solusi Bagi Ibu Menyusui yang Kelebihan Produksi ASI
Saat anak Anda memasuki usia 6 bulan, MPASI sudah mulai bisa diberikan. Sebagian anak cenderung akan merasa bosan dengan jenis makanan yang monoton.
Mengapa kacang hijau baik bagi anak-anak? Berikut manfaat kacang hijau yang baik bagi kesehatan, dikutip dari klikdokter.com :

1. Tinggi Protein
Kacang hijau terdiri dari 20-24 persen protein. Kandungan protein tinggi yang terdapat dalam semangkuk bubur kacang hijau dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak, otot, membantu metabolisme, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

2. Tinggi Karbohidrat
Kandungan karbohidrat dalam kacang hijau 50-60 persen lebih banyak daripada kacang kedelai. Karbohidrat sangat penting sebagai sumber energi untuk aktivitas dan tumbuh kembang anak.

3. Tinggi Serat
Kacang hijau mengandung tinggi serat, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan anak Anda.

4. Kaya Vitamin dan Mineral
Dalam semangkuk bubur kacang hijau yang si Kecil konsumsi sudah terdapat vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Mulai dari vitamin A, B, C, D, E, K, kalsium, potasium, zat besi, fosfor, dan zink. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.