Harga Sembako di Gianyar
Pedagang sedang mengambil cabai hijau untuk ditimbang. (BP/nik)
GIANYAR, BALIPOST.com – Jelang hari raya Galungan dan Kuningan, masyarakat Gianyar bisa bernafas lega. Pasalnya sejumlah harga sembilan bahan pokok (sembako) mulai turun. Seperti harga cabai yang sebelumnya meroket hingga Rp 120 ribu, kini ada di kisaran Rp 30 ribu perkilonya.

Menurut Kadisperindag Gianyar, I Wayan Suamba, Kamis (30/3), turunnya harga menjelang Galungan ini tidak terduga. “Ini memang tidak terduga jelang hari raya ini sejumlah harga bahan pokok justru turun, khususnya untuk komuditas harga cabai,” ucapnya.

Suamba menjabarkan harga komuditas cabai per Kamis, seperti cabai merah besar yang minggu lalu mencapai Rp 25 ribu per kg, kini jatuh pada kisaran Rp 18 ribu per kg. Ada pula harga cabai merah keriting yang minggu lalu menyentuh kisaran Rp 40 ribu kini turun menjadi Rp 30 ribu perkilonya.

Baca juga:  Di Tabanan, Harga Cabai Capai Rp 145 Ribu Perkilo
Penurunan paling signifikan terjadi pada harga cabai rawit merah, yang minggu lalu masih pada kisaran Rp 130 ribu per kg, kini terjun bebas menjadi Rp 65 ribu per kg. Sementara untuk cabai rawit hijau mengalami penurunan Rp 15 ribu, dari minggu lalu Rp 55 ribu per kg kini menjadi Rp 40 ribu per kg.

Suamba pun menegaskan bahwa harga tersebut terhitung per Kamis. Pihaknya pun tidak berani menjamin terjadinya perubahan beberapa hari menjelang perayaan Galungan dan Kuningan. “Ini yang tidak bisa kita pastikan, karena kita di Disperindag hanya bertugas memastikan distribusi,” ucapnya.

Ditambahkan selain komoditas cabai, harga kebutuhan lainya juga terpantau mengalami penurunan seperti bawang merah yang sebelumnya Rp 40 ribu per kg kini merosot menjadi Rp 35 ribu kg. Hanya bawang putih yang merangkak naik dari Rp 32 ribu per kg menjadi Rp 35 ribu per kg. “Kalau harga terlur beras dan lainya semua masih stabil,” katanya. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.