Biji Pepaya
Biji pepaya bisa membantu mematikan parasit dalam tubuh. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Suka makan pepaya? Tentu kita cenderung membuang biji yang ada dalam buah yang satu ini.

Padahal, biji pepaya ini ternyata memiliki manfaat dalam menyembuhkan sejumlah penyakit. Namun harus Anda ingat, mengunyah biji pepaya ini tidak sama dengan mengunyah daging buah pepaya.

Rasa biji pepaya sangat kuat, paduan antara mustard dan biji lada. Jika Anda bisa menahan rasa kuat biji pepaya ini, akan ada banyak manfaat yang bisa dirasakan tubuh jika rajin mengonsumsinya.

Pasalnya, dikutip dari superfoodprofiles.com, sama halnya dengan pepaya hijau, biji pepaya masak mengandung enzim proteolitik atau papain yang bisa membantu tubuh menghilangkan parasit. Metode sama yang digunakan papain untuk memecah limbah protein dalam makanan, zat ini juga bisa menghancurkan parasit dan telurnya yang bersarang di tubuh kita. Biji pepaya juga mengandung carpaine yang sangat efektif untuk membunuh cacing dan amoba.

Baca juga:  Mau Rambut Indah? Konsumsi Makanan Ini
Berikut sejumlah penyakit yang bisa disembuhkan jika rutin mengonsumsi biji pepaya dicampur madu:

1. Bersihkan pencernaan
Pencernaan yang kotor adalah sumber dari banyak penyakit. Tumpukan sisa makanan yang lama mengendap di pencernaan, bisa jadi bibit masalah kesehatan. Karenanya coba konsumsi campuran biji pepaya serta madu secara rutin untuk membersihkannya. Ia akan membantu membersihkan organ dalam tersebut, juga menyehatkannya.

2. Obat cacing
Penyakit cacingan tentu tak bisa dianggap remeh. Dengan mengonsumsi biji pepaya serta madu, cacing dan telurnya yang lama berdiam di usus akan perlahan mati dan menyingkir dari sana.

3. Turunkan berat badan
Biji pepaya mengandung kalium dan lipid yang berguna untuk memperbaiki metabolisme dalam tubuh. Seiring membaiknya sistem metabolisme, maka Anda dapat menurunkan berat badan sebab makanan tak lama mengendap di pencernaan.

4. Membentuk otot
Biji pepaya dan madu yang Anda konsumsi juga mengandung protein lho. Ini termasuk salah satu komponen yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk otot.

5. Mengatasi kelelahan akut
Kandungan glucosinolates dapat membantu mengurangi rasa lelah di otot, akibat usai bekerja keras.

6. Atasi flu
Antioksidan dalam kedua bahan tersebut juga baik untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus, semisal flu, pilek dan batuk. Ia menguatkan sistem kekebalan tubuh Anda. (Goes Arya/balipost)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.