Duduk sambil menggoyangkan kaki
Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Duduk sambil goyangkan kaki ternyata bukan hanya sekedar aktivitas iseng. Sebab, kebiasaan duduk sambil goyangkan kaki ternyata akan membantu kita menjaga kesehatan tubuh.

Duduk terlalu lama di satu tempat yang sama tanpa berdiri bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Ini umumnya dialami oleh pekerja kantoran yang rawan mengalami sakit punggung, perubahan struktur tulang punggung jadi bungkuk, serangan stroke, penyakit jantung, atau diabetes.

Duduk lama dan aktivitas kurang pun dapat memicu obesitas, otot melemah, massa otot berkurang, serta turunnya fungsi kognitif dan konsentrasi.

Baca juga:  Ini Dampaknya Kelamaan Duduk
Studi yang dilakukan oleh tim University of Missouri School of Medicine mengungkap bahwa dengan menggerakkan kaki saat duduk maka peredaran darah pun jadi lebih lancar. Selain itu kesehatan arteri pembuluh darah di kaki juga lebih baik. Lancarnya peredaran darah adalah salah satu kunci kesehatan tubuh manusia.

Melalui kebiasaan menggoyangkan kaki saat duduk, kita juga bisa mencegah penyakit arteri perifer. Penyakit ini dipicu oleh penumpukan plak di arteri akibat kurang lancarnya peredaran darah. Hasilnya arteri menjadi sempit, dan darah sulit mengalir ke anggota tubuh dimana pembuluh tersebut berada.

Misalnya di bagian kaki, mulai pangkal paha sampai ujung kaki. Hal tersebut yang kerap dirasakan sebagai rasa kram pada kaki.

Saat Anda duduk sambil goyangkan kaki, hal tersebut membuat peredaran darah tetap lancar karena adanya pergerakan otot. Kesimpulan studi itu dipublikasikan dalam American Journal of Physiology’s Heart and Circulatory Physiology.

Penumpukan plak pun bisa dicegah saat kita intens menggoyangkan kaki saat duduk lama. Memang efeknya tak sebaik jika berdiri dan berjalan untuk melancarkan lagi aliran darah. Akan tetapi pergerakan ini cukup membantu menyehatkan arteri dari penumpukkan plak. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.