DENPASAR, BALIPOST.com – Ibu hamil yang banyak mengonsumsi labu siam ternyata akan baik bagi bayi yang dikandung. Sayur ini dianjurkan untuk dikonsumsi karena selain bercita rasa enak dan empuk, juga mengandung nutrisi yang penting untuk pertumbuhan.

Dikutip dari berbagai sumber, beberapa zat bermanfaat yang dimiliki oleh labu siam antara lain jumlah serat yang tinggi, sekitar 1,7 gram pada 100 gram porsinya. Ini baik bagi pencernaan sebab ibu hamil banyak yang mengalami sembelit atau susah BAB.

Pada labu siam juga terdapat kandungan asam folat tinggi yakni 93 milikilogram per 100 gram porsi penyajian. Ini adalah zat yang baik bagi pertumbuhan janin dalam rahim karena dengan mengonsumsi 100 gram saja ibu hamil sudah memenuhi 23,25 persen kebutuhan tubuh per hari.

Baca juga:  Ibu Hamil Diajak Deteksi Dini Hepatitis B

Jika ibu mendapat asupan asam folat yang cukup, janin akan terhindar dari resiko lahir cacat. Ini juga zat yang dibutuhkan dalam pembentukan otak sehingga terhindar dari neural tube defects (gangguan otak).

Untuk orang dewasa, butuh 400 milikilogram asam folat per hari sehingga Anda dianjurkan memenuhinya dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Tubuh ibu hamil dan manusia umumnya pun membutuhkan kalium yang baik untuk mengendalikan tekanan darah, kerja otot, serta simpul saraf yang normal. Kalium juga berfungsi untuk kelancaran sirkulasi oksigen dalam darah ke organ otak dan jantung sehingga Anda bisa tetap beraktivitas normal. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.