Makanan Sebabkan Migrain
Salah satu makanan sebabkan migrain kambuh adalah roti yang dibuat dari tepung terigu dan dipanggang. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Sejumlah makanan sebabkan migrain kambuh. Jadi anda yang memiliki penyakit ini harus ekstra hati-hati dalam mengonsumsi makanan.

Perhatikan lagi jenis makanan yang dikonsumsi. Pepatah ‘you are what you eat’ adalah benar sebab makanan memang mempengaruhi kesehatan tubuh Anda.

Dikutip dari webmd.com, alkohol merupakan salah satu makanan sebabkan migrain kambuh. Ada tiga orang yang menderita penyakit migrain mengaku mengalami gangguan migrain setelah mengonsumsi alkohol.

Soal efek negatif alkohol ini sudah diteliti, Noah Rosen, MD, Direktur Pusat Penyakit Kepala di Cushing Neuroscience Institute mengatakan semua jenis alkohol bisa menyebabkan kambuhnya migrain.

Baca juga:  5 Makanan Ini Bisa Membantu Lunturkan Lemak Perut
Makanan berbahan tepung terigu yang dipanggang juga merupakan salah satu makanan sebabkan migrain kambuh. Makanan yang dimaksud misalnya roti, kue, cake, pastry yang berbahan dasar terigu dan dipanggang untuk mematangkannya.

Mengapa ia memicu migrain? Sebab mengandung gluten. Ia dapat menyebabkan inflamasi dan masalah neurologi serta memicu migrain.

Selain makanan berbahan terigu yang dipanggang, makanan olahan juga harus dihindari. Pasalnya makanan yang sudah memasuki proses olahan dari pabrik dan diberi bahan-bahan kimia. Misalnya saja sosis, burger, kornet, mie instan, dan lainnya. Makanan ini kaya bahan bernama sodium nitrat yang memicu pembengkakan saraf atau peradangan. Ia juga meningkatkan kadar oksida nitrat yang membuat Anda mengalami migrain.

Terakhir, makanan yang perlu diwaspadai adalah yang mengandung MSG. Kandungan monosodium glutamat pada makanan tidak berbahaya jika dikonsumsi sedikit. Namun jika dosisnya banyak maka akan terjadi beberapa efek tak menyenangkan pada tubuh antara lain migrain.

Untuk mencegah migrain agar tak mudah kambuh, perbanyaklah makanan yang mengandung asam lemak omega-3, magnesium, asam folat dan vitamin B. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.