SINGARAJA, BALIPOST.com – Panitia Seleksi (Pansel) lelang jabatan pratama tahap II merampungkan seleksi administrasi calon pejabat. Pada Senin (20/3), sebanyak 16 pejabat di lingkup Pemkab Buleleng dinyatakan lolos seleksi admin.

Mereka yang lolos seleksi admin untuk lelang jabatan pratam ini selanjutnya akan mengikuti assessment yang digelar Asessment Center Kantor Regionel X BKN Denpasar pada 22-24 Maret 2017. Pejabat ini juga menjalani tes wawancara dan presentasi makalah yang digelar Tim Pansel dan pelacakan kepangkatan serta kualifikasi pendidikan masing-masing pejabat tersebut.

Tes lelang jabatan pratama oleh pansel sendiri harusnya dilakukan sebelum masa assessment. Akan tetapi karena hasil assessment baru terbit sekitar dua bulan ke depan, pansel melaksanakan tes wawancara dan presentasi makalah.

Baca juga:  Dibuka, Pendaftaran Lelang Jabatan Pratama di Buleleng
Sesuai hasil seleksi adminsitrasi yang ditandatangani oleh Ketua Pansel Lelang Jabatan Tinggi Pratama Ir. Dewa Ketut Puspaka, M.P. 16 pejabat yang lolos seleksi itu rata-rata sudah menduduki jabatan di lingkungan Pemkab Buleleng. Bahkan, ada pejabat yang dalam lelang sebelumnya gagal, tahun ini kembali mencoba keberuntungannya melalui lelang jabatan tahap dua.

Untuk jabatan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah ada enam pelamar yakni Drs. Putu Artawan yang kini menjabat Kepala Bagian (Kabag) Perkonomian dan Pembangunan Daerah (Ekbang). Drs. Komang Sumertajaya yang juga menjabat Camat Kubutambahan. Ketut Witrini, S.Pd. M.Pd. dengan jabatan saat ini sebagai Kepala Bagian Keuangan Sekretariat DPRD Buleleng. Drs. Ketut Arjana, M.Pd. kini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pariwisata, Gede Ngurah Omardani, SE.M.M. sekarang menjabat Irban Wilayah I Inspektorat Daerah Buleleng dan Ir. Made Budhi Setiawan kini menjabat Kepala Bagian Layanan Pengadaan Setda Kabupaten Buleleng.

Jabatan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran pelamar yang dinyatakan lolos administrasi masing-masing Ir. I Gede Sukrasa Astawa, M.M sekarang menjabat Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran. Drs. Gede Sugiartha Widiada, M.Si. saat ini sebagai Kepala Bagian Perlengkapan dan Perawatan. Gede Dody Suka Oktavia Askara, S.Sos, M.Si. masih tercatat sebagai Sekretaris Kecamatan Kubutambahan. Dewa Putu Susrama, S.Sos saat ini memangku jabatan Kepala Bidang Hubungan Industrial Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi, Drs. Putu Meles, M.M yang sekarang duduk sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Buleleng, dan Anak Agung Ngurah Saka, S.Sos., M.Si. saat ini masih menjabat Fungsional Umum pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah.

Sementara itu untuk jabatan Kepala Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahanan, pelamar yang lolos seleksi diantaranya Ni Nyoman Surattini, ST dengan jabatan lama sebagai Sekretaris Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahanan. Ir. Made Aryana dengan jabatan saat ini sebagai Sekretaris Dinas Perhubungan, Ir. Wayan Pasek Swastika, M.Si yang sekarang memangku jabatan Kepala Bidang Anggaran Badan Keuangan Daerah, dan Drs. Ketut Susila kini masih menjabat sebagai Sekretaris BPBD Buleleng.

Ketua Pansel Ir. Dewa Ketut Puspaka mengatakan, sesuai mekanisme pansel akan menyusun rangking seluruh pelamar berdasarkan rekapitulasi nilai, baik seleksi oleh pansel dan hasil assessment. Masing-maing jabatan yang dilelang itu akan dipilih tiga pelamar terbaik yang menduduki rangking pertama, dua dan tiga.

Bupati Buleleng kemudian mengajukan pilihan tersebut ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapat rekomendasi atas pilihan tersebut. “Jika tidak sesuai dengan nilai hasil seluruh tahapan seleksi, KASN akan mencoret usulan nama tersebut. Sebaliknya, jika pilihan nama itu direkomendir, Bupati akan menetapkan pejabat yang dipilih untuk memangku jabatan yang dilelang dan dilakukan pelantikan sebagai pejabat dipinitif,” jelasnya. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.