Mengonsumsi madu bagi ibu hamil memiliki banyak manfaat.
Mengonsumsi madu bagi ibu hamil memiliki banyak manfaat. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Jika Anda sedang hamil, sikap protektif untuk sang calon bayi pasti ada. Anda pasti akan membatasi konsumsi soda, ikan yang kemungkinan tercemar merkuri, bahkan mewarnai rambut karena seluruhnya bisa berefek buruk pada kehamilan. Pun, adanya larangan agar para bayi di bawah 1 tahun tidak mengonsumsi madu akan membuat calon ibu bertanya-tanya, amankah jika mengonsumsi madu selama masa kehamilan.

Dikutip dari livestrong.com, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh saat mengonsumsi madu di masa hamil. Madu yang aman dikonsumsi oleh wanita hamil adalah yang telah melalui proses pasteurisasi (pasteurized honey). Ini merupakan proses pemanasan singkat hingga 720C untuk membunuh bakteri- bakteri penyebab penyakit.

Baca juga:  Segudang Manfaat Persik, Baca Ini
Pada saat sakit, mengonsumsi madu merupakan salah satu obat alami bagi ibu hamil. Madu memiliki komponen antiperadangan dan antibakteri. Jika dikombinasi dengan bahan alami seperti jahe atau jeruk nipis, khasiatnya semakin baik.

Selain untuk meredakan batuk, berikut sejumlah manfaat madu untuk ibu hamil :

1. Meredakan hidung tersumbat
Madu dapat mengurangi hidung tersumbat, yang dapat sangat mengganggu saat hamil. Campurkan satu sendok makan madu dan tetesan jeruk nipis ke dalam air hangat atau kaldu untuk meredakan keluhan ini.

2. Mengurangi nyeri tenggorokan
Madu juga diketahui memiliki komponen antinyeri sehingga dapat mengurangi nyeri tenggorokan. Campurkan satu sendok makan madu dan beberapa tetes jeruk nipis ke dalam air hangat. Gunakan larutan ini sebagai obat kumur atau minuman untuk mengurangi nyeri tenggorokan.

Baca juga:  Kacang Kenari Ternyata Baik untuk Kesuburan Pria, Ini Faktanya
3. Mengurangi keluhan mual (morning sickness)
Mual-mual umum dirasakan pada trimester pertama kehamilan akibat perubahan hormonal. Campuran madu dengan air jeruk nipis atau cuka apel akan mengurangi rasa mual.

4. Mengobati iritasi lambung
Pencernaan yang melambat akibat perubahan hormonal dan pembesaran rahim yang menekan usus dan lambung kerap membuat ibu hamil merasa begah. Tak jarang, lambung pun terasa perih, khususnya di trimester akhir kehamilan. Satu sendok makan madu dengan segelas susu panas dapat mengurangi ketidaknyamanan ini.

5. Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin
Antioksidan yang kaya dalam madu akan meningkatkan kesehatan tubuh Anda dan juga membantuk perkembangan janin.

6. Mencegah pertambahan berat badan berlebihan
Karena alami, madu sangat tepat digunakan sebagai pemanis pengganti. Utamanya, bagi ibu hamil yang berat badannya sudah berlebih sebelum hamil. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.