TUBAN, BALIPOST.com – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman meminta Bulog untuk menyerap semua gabah dari petani, salah satunya petani di Kabupaten Tuban. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk menyejahterakan petani dan sebagai upaya memberantas mafia gabah yang sering mempermainkan harga gabah waktu musim panen.

Mentan mengutarakan hal tersebut pada panen padi di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu. Selain itu, Mentan juga mengecek secara langsung serapan gabah dan beras dalam pengadaan di wilayah kerja Bulog Subdivre III Bojonegoro.

Dalam acara ini, Mentan juga melakukan dialog langsung dengan petani dan pihak terkait, seperti Bulog maupun TNI untuk mengawal dan mewujudkan Indonesia swasembada pangan.

Baca juga:  PDDS Diminta Kreatif Sejahterakan Petani
Untuk mempercepat serapan gabah ini, Mentan akan meningkatkan kerja tim serap gabah petani (Tim Sergab) untuk menyerap gabah petani. Nantinya, Bulog akan membeli gabah dari petani dengan harga mahal, yakni dengan harga Rp 3.700 per kilogram meski kualitas kadar air gabah hingga 25 persen.

Selain itu, Mentan juga memberikan perhargaan kepada kelompok petani yang telah mencapai target produksi gabah maupun jagung sesuai target pemerintah. Mentan juga memberikan asuransi pertanian kepada petani yang terdampak bencana alam, salah satunya banjir. (kmb/surabayatv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.