Buah persik memiliki banyak manfaat bagi tubuh. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Persik adalah buah yang sebenarnya berasal dari Cina tetapi dibudidayakan di hampir semua negara di dunia yang memiliki iklim yang sejuk. Persik pada dasarnya memiliki kulit luar yang kemerahan berwarna kuning sedangkan daging persik yang baik berwarna kuning atau putih.

Persik yang memiliki daging putih dikenal sangat manis dan juga memiliki sedikit keasaman. Manfaat kesehatan dari buah persik banyak karena mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuh, seperti vitamin A, kalium, kalsium, zat besi, vitamin C, niasin, riboflavin, karbohidrat dan sebagainya.

Dikutip dari diethealthclub.com, salah satu manfaat dari persik adalah membantu mencerahkan warna kulit dan juga membuat membuat kulit sehat. Manfaat buah persik lainnya, membantu penghapusan setiap cacing yang mungkin terdapat di saluran usus. Satu lagi manfaatnya adalah mencegah pertumbuhan sel kanker di kelenjar dan organ yang memiliki jaringan epitel karena kandungan vitamin A pada persik.

Baca juga:  Para Pria Wajib Baca! Berikut Daftar Buah Pengekar Otot
Persik juga membantu penurunan berat badan karena mereka adalah sumber yang baik dari air dan serat makanan. Oleh karena itu konsumsi buah persik sebagai bagian dari diet sangat bermanfaat karena serat makanan yang dikandungnya membuat seseorang merasa kenyang dalam jangka waktu lama sehingga tidak makan berlebihan. Salah satu manfaat lain dari buah persik jika dikonsumsi secara teratur adalah membantu mengatasi sembelit.

Antimikroba

Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu manfaat kesehatan dari persik adalah aktivitas antimikroba yang sangat baik serta aktivitas antioksidan yang bisa menghambat aktivitas pertumbuhan tumor. Kebanyakan ahli diet juga akan merekomendasikan konsumsi persik bagi mereka yang menderita asam urat dan rematik. Hal ini terutama karena persik cenderung memiliki efek diuretik kuat dan efek pencahar ringan.

Orang yang menderita kondisi medis seperti asma, ginjal dan batu kandung kemih, tekanan darah tinggi, gastritis, anemia, pencernaan yang buruk, batuk kering dan sebagainya dianjurkan untuk menggabungkan buah persik dalam diet harian mereka. Selain buah, konsumsi bunga persik juga dikenal memiliki manfaat kesehatan karena mereka memiliki sifat sedatif.

Oleh karena itu salah satu pengobatan rumah untuk anak-anak yang gelisah adalah dengan merebus beberapa bunga persik dalam air bersama dengan sesendok madu dan gula. Persik juga diketahui efektif dalam mengobati penyakit infeksi dan untuk mencegah berbagai penyakit kardiovaskular juga. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.