Yogurt salah satu camilan yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Berolahraga teratur memang baik untuk kesehatan. Namun sebelum berolahraga, asupan gizi atau zat makanan yang masuk ke dalam tubuh kita juga harus berkualitas.

Mengonsumsi camilan sebelum berolahraga dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori yang dapat menurunkan berat badan. Malah, jika berolahraga dengan perut kosong tubuh akan banyak kehilangan massa otot.

Saat tubuh kelaparan, maka tubuh akan membakar protein yang terdapat di jaringan otot. Ketika massa otot berkurang, metabolisme tubuh pun ikut melambat sehingga lebih sulit menurunkan berat badan Anda.

Oleh karena itu, dibutuhkan karbohidrat yang tepat, protein tanpa lemak, lemak tak jenuh, serta mengonsumsi banyak air sebelum memulai olahraga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Baca juga:  Sedang Diet, Hati-hati Kekurangan Karbohidrat
Berikut camilan yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga, dikutip dari klikdokter.com :

1. Sandwich dengan daging tanpa lemak dan salad
2. Omelet dengan sepotong roti
3. Nasi merah dan daging tanpa lemak
4. Sereal dengan susu rendah lemak
5. Oatmeal dengan potongan pisang diatasnya
6. Nutrition bar yang banyak dijual di pasaran
7. Buah-buahan seperti apel dan pisang
8. Yoghurt

Jika hanya memiliki waktu kurang dari 1 jam, sebaiknya konsumsi camilan yang lebih ringan dan mudah dicerna oleh tubuh. Misalnya: sepotong roti atau satu cangkir yoghurt. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah camilan tepat dan bergizi serta makanan yang memudahkan tubuh untuk dapat dicerna sebelum olahraga. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.