Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Rambut merupakan mahkota kepala yang sangat mempengaruhi penampilan. Tak heran jika orang rela mengeluarkan banyak uang untuk perawatan rambut.

Berbagai perawatan rambut kini tersedia, mulai dari perawatan masker, creambath, hingga spa rambut. Namun, untuk memperoleh rambut yang indah dan sehat, nutrisi dari dalam juga sangat penting.

Dikutip dari klikdokter.com, jika ingin rambut sehat dan indah, konsumsi makanan juga harus mengandung beragam nutrisi ini :

1. Protein
Rambut terdiri atas protein, jadi pastikan Anda mengonsumsi cukup protein jika ingin memiliki rambut yang kuat dan sehat. Kekurangan protein dapat membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan mudah rontok.

Dari mana mendapatkan protein? Ayam, ikan, telur, daging, telur, produk olahan susu, serta kacang-kacangan adalah sumber terbaik.

2. Besi
Besi merupakan mineral penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut. Jika Anda kekurangan zat besi (anemia), maka Anda lebih rentan mengalami kerontokan rambut.

Baca juga:  Ingin Panjang Umur? Konsumsi Makanan Ini
Untuk mendapatkan asupan besi yang cukup, konsumsilah sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung. Selain itu, besi juga bisa diperoleh dari daging, ayam, dan ikan.

3. Vitamin C
Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang baik untuk merangsang pembentukan kolagen. Fungsinya untuk menguatkan pembuluh darah ke kulit kepala. Vitamin C bisa diperoleh dari kiwi, jeruk, pepaya, jambu, brokoli, dan stroberi.
Omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelembapan rambut. Omega-3 bisa didapat dari salmon, sarden, makerel, ataupun dari sumber nabati seperti alpukat dan kacang-kacangan.

4. Vitamin A
Vitamin A dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sebum atau kelenjar minyak. Kelenjar minyak diperlukan rambut sebagai kondisioner alami kulit kepala. Tanpa adanya kelenjar minyak, rambut pun akan kering dan gatal. Ingin mendapatkan asupan vitamin A yang cukup? Perbanyaklah konsumsi wortel, ubi, dan labu.

5. Zink dan selenium
Untuk melindungi kulit kepala agar tetap sehat, tubuh membutuhkan mineral penting seperti zink dan selenium. Kekurangan dua zat ini dapat menyebabkan rambut kering dan mudah rontok. Anda bisa memperoleh zink dan selenium dari tiram, daging, telur, dan gandum.

6. Vitamin E
Sinar matahari tidak hanya bisa merusak kulit, tetapi juga rambut. Untuk itu, asupan vitamin E yang cukup sangat penting untuk melindungi rambut. Anda bisa memperolehnya dari kacang-kacangan.

7. Biotin
Biotin merupakan vitamin B yang larut dalam air. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut mudah rapuh dan mudah rontok. Karena itu, cukupilah konsumsi makanan yang tinggi biotin seperti gandum, hati, kuning telur, dan kacang kedelai. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.