Kacang-kacangan memiliki manfaat berbeda untuk tubuh. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Kacang memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Ada banyak kandungan omega-3, fatty acids, protein, dan serat yang baik untuk kesehatan.

Mengingat jenisnya yang beragam, setiap jenis kacang memiliki manfaatnya masing-masing bagi kesehatan Anda. Dikutip dari bbcgoodfood.com, berikut manfaat dan jenis kacang yang harus dikonsumsi jika ingin sehat :

1. Kacang yang bermanfaat untuk laki-laki
Kacang-kacangan dari Brazil memiliki keunggulan tersendiri, yaitu kandungan selenium yang tinggi. Selenium baik bagi kaum pria karena dapat membantu mencegah kanker prostat.

Hebatnya lagi, cukup satu butir kacang krim Brazil sudah dapat memenuhi kebutuhan selenium untuk satu hari. Tapi, jangan konsumsi kacang ini terlalu banyak, karena akan membuat rentan terkena diabetes tipe 2.

2. Kacang baik bagi jantung

Jika ingin menjaga kesehatan jantung, kacang yang paling tepat dikonsumsi adalah walnut. Walaupun semua kacang memiliki kandungan Omega-3 yang baik bagi jantung, walnut memiliki kandungan yang lebih unggul karena kaya akan alpha linoleic acid (ALA).

Baca juga:  Kacang Kenari Ternyata Baik untuk Kesuburan Pria, Ini Faktanya
Riset menunjukkan bahwa ALA memiliki kemampuan untuk membantu mereka yang mengalami arrhythmias pada jantung. Sedangkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 2006 di Spanyol menyatakan walnut sama ampuhnya dengan minyak zaitun dalam hal mengurangi inflamasi dan oksidasi pada arteri yang biasanya timbul setelah makan-makanan berlemak.

3. Kacang bagi kesehatan otak
Kacang tanah kaya akan asam folat yang baik bagi kesehatan otak. Cukup asupan asam folat akan melindungi dari penurunan fungsi kognitif otak. Asam folat juga sangat baik bagi ibu hamil karena selain membantu perkembangan otak bayi, asam folat juga akan melindungi bayi dari cacat lahir.

Kacang tanah juga kaya akan lemak penguat kerja otak dan juga vitamin E. Kacang tanah juga menu yang ideal untuk vegetarian, yang rentan untuk kekurangan asupan asam folat pada makanannya. Untuk mendapatkan asupan dan manfaat ideal, cobalah untuk mengonsumsi 19 butir kacang tanah yang sudah dikupas setiap harinya.

4. Kacang yang baik untuk pencegahan penyakit
Almond adalah kacang yang paling baik untuk kesehatan Anda, karena selain memiliki kalori yang paling rendah, almond juga kaya akan kalsium, vitamin E, dan serat. Kandungan anti-oksidannya yang kaya menjadikan almond sebagai obat mujarab melawat inflamasi dan kemungkinan penyakit lainnya seperti kanker paru-paru, dan penyakit yang disebabkan oleh usia lanjut. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.