Ilustrasi. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Tidur yang berkualitas adalah yang durasinya cukup dan posisi tidurnya tepat. Seorang ahli bedah ortopedi tulang belakang, sekaligus direktur di Marina Del Rey Hospital California, Hooman Melamed, menjelaskan bahwa posisi tidur adalah hal yang sangat penting yang harus diperhatikan guna menciptakan kenyamanan saat beristirahat total.

“Hampir 80 persen orang di seluruh dunia akan mengalami masalah punggung pada titik tertentu dalam hidupnya dan ini seringkali disebabkan atau diperparah oleh posisi tidur yang salah,” katanya, dikutip dari liputan6.com.

Menurutnya, posisi tidur yang tepat dan ideal adalah telentang. Posisi ini mempertahankan tulang belakang, kepala, serta leher agar selalu berada dalam posisi netral dan tidak tertekan oleh beban.

Baca juga:  Kurang Tidur Bisa Sebabkan Kolesterol Naik
Tidur dalam posisi telentang juga diyakini dapat membantu mencegah kulit cepat keriput. Ini disampaikan oleh seorang dermatologist atau ahli kesehatan kulit, Jaime Davis kepada CBS Minnesota pada medio 2011.

Seperti kertas, jika posisi tidur terlalu banyak melibatkan lekukan maka mempercepat munculnya keriput. Jika dibiarkan telentang atau dalam posisi netral, kekencangan kulit akan tetap terjaga sepanjang waktu,” tuturnya.

Bagi penderita asam lambung, posisi tidur telentang bisa membantunya mencegah penyakit tersebut dari potensi kambuh. Posisi tidur telentang dengan bantal menopang bagian kepala agar lebih tinggi sedikit daripada perut membantu menghambat jalur asam menuju tubuh bagian atas. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.