Fotografer berburu foto di kawasan Pura Besakih serangkaian acara Karangasem Heritage, Minggu (5/3). (BP/kmb)
AMLAPURA, BALIPOST.com – Indahnya panorama kawasan Pura Besakih tak hanya menarik minat wisatawan datang berkunjung ke pura terbesar di Bali ini. Besakih juga menjadi tempat yang bagus bagi para fotografer “berburu” objek foto.

Seperti terlihat Minggu (5/3), ratusan fotografer dari seluruh Bali beradu kepiawaian mengambil foto dalam “Karangasem Heritage”. Acara ini digelar di Jaba Pura Besukian Besakih.

Karangasem Heritage merupakan salah satu upaya elemen masyarakat yang digawangi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Karangasem dan Bali dalam hal melestarikan seni budaya yang hidup dan tumbuh di tengah-tengah masyarakat Karangasem. Melalui kegiatan ini, seni budaya khas Karangasem, diharapkan bisa diestafetkan dari generasi ke generasi.

“Saya sangat terkesan acara seperti ini. Saya memang bukan asli Bali, tetapi saya sudah merasa sebagai orang Bali,” ucap salah seorang peserta foto hunting, Rahani Rosmiati (25).

Baca juga:  Asita Diminta "Jual" Karangasem
Bidan yang tugas di RSUP Sanglah ini sengaja datang jauh-jauh dari Denpasar. Ia sangat terkesan atraksi seni budaya yang ditampilkan pada acara itu. Lajang berdarah Flores ini menilai Karangasem Heritage merupakan sebuah ide kreatif, dalam hal lebih memperkenalkan Besakih kepada dunia internasional.

Karangasem Heritage sebagai sebuah kegiatan pentas seni budaya menampilkan sejumlah kesenian dan budaya khas Karangasem. Di antaranya tari Gebug Ende. Kesenian ini merupakan seni tradisional Seraya.

Selain itu juga tari joged dan pakaian adat khas Karangasem. Yang tampak menarik adalah megibung. Megibung ini adalah tradisi makan bersama ala Karangasem. Kegiatan megibung ini melibatkan ratusan peserta termasuk Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *