Kenari baik dikonsumsi pria karena bisa meningkatkan kesuburan. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Kenari atau walnut bisa membantu kesuburan pria. Hal ini sudah dibuktikan berdasarkan penelitian yang dipublikasikan Biology of Reproduction, dikutip dari mensfitness.com.

Menurut penelitian yang dilakukan peneliti dari Universitas California itu, dua genggam walnut sehari bisa meningkatkan kualitas sperma kaum pria. Pasalnya walnut merupakan sumber omega-3 juga sejumlah asam lemak yang baik untuk pertumbuhan dan kualitas sperma.

Sebenarnya kandungan ini juga dimiliki minyak ikan dan biji bunga flax. Tapi walnut dianggap lebih mudah dikonsumsi.

Berdasarkan penelitian itu, setelah 12 minggu mengonsumsi walnut, mereka yang mengonsumsi 75 gram setiap harinya memiliki kualitas sperma yang lebih baik. Kacang kenari juga menghambat sekaligus mengurangi peroksidasi lipid, suatu proses dalam tubuh yang kerap merusak sel-sel sperma.

Baca juga:  Penuaan Dini, Begini Cara Mengatasinya
Proses ini merusak membran sel sperma dan mengancam kesuburannya dalam jangka panjang. Kacang kenari mengandung asam lemak sehat yang dapat membantu memperbaiki kerusakan pada membran sel-sel sperma tersebut dan mengembalikan kesuburannya.

Untuk menguji kemampuan kacang kenari dalam upaya menyuburkan pria, sebuah eksperimen pun dilakukan terhadap 117 pria dengan kisaran usia antara 21 hingga 35 tahun di University of Delaware.

Gerak, bentuk, dan vitalitas sperma pria meningkat secara signifikan bila mereka menambahkan kacang kenari dalam menu diet selama 12 minggu. Peningkatan kesehatan sperma secara otomatis akan meningkatkan kesuburan pria sehingga kacang kenari bisa dijadikan salah satu alternatif untuk memperbaiki kualitas sperma pria.

Kacang kenari juga mengandung beberapa mineral dan nutrisi penting seperti mangan, kalium, seng, kalsium, besi, magnesium, selenium dan tembaga yang melayani berbagai tujuan termasuk pengembangan sperma dan sintesis asam. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.