DENPASAR, BALIPOST.com – Semua jenis makanan dan minuman dikonsumsi setiap hari memiliki peran dan fungsi tersendiri bagi kesehatan tubuh. Bahkan, semua hal yang masuk ke perut manusia juga berpengaruh pada usia atau umur.

Jika ingin panjang umur, tentunya asupan makanan yang masuk ke tubuh juga harus diperhatikan dengan benar. Jangan sampai karena salah konsumsi, justru umur menjadi pendek.

Dikutip dari berbagai sumber, ada sejumlah makanan yang bisa membantu memperpanjang umur karena membantu tubuh kita mencukupi segala kebutuhan gizi.

1. Biji-bijian
Biji-bijian yang hadir dalam sereal pagi hari menjadi menu pembuka hari Anda untuk mendapatkan usia yang lebih lama. Paling tidak konsumsilah gandum dalam sarapan untuk mengurangi risiko penyakit jantung, infeksi, diabetes, kanker, hingga penyakit pernapasan.

Baca juga:  Marak, Alih Fungsi Hutan Konservasi ke Tanaman Sayur

2. Kacang
Kacang kenari dan pistachio bisa menjadi camilan sehat untuk memperpanjang umur. Jenis kacang ini juga dapat membantu tubuh melawan penyakit jantung.

3. Sayuran
Coba untuk mengonsumsi lima buah dan sayuran setiap hari, Anda harus berfokus pada serat yang dapat membantu menurunkan risiko kematian akibat penyebab apa pun.

4. Ikan
Pastikan bahwa Anda mendapatkan asam lemak omega-3 setiap minggu dengan makan ikan seperti salmon. Atau setidaknya mengonsumsi jenus ikan segar sebanyak dua sampai tiga kali seminggu.

Ikan dapat memberikan nutrisi penting seperti protein dan vitamin D yang sangat baik untuk tubuh dan otak yang pada akhirnya membuat Anda panjang umur. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.