Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Hampir semua wanita gemar bersolek dan senang mengoleksi produk kosmetik. Keasyikan mengumpulkan foundation, blush-on, maskara, eyeliner, dan lipstick membuat wanita terkadang tidak menghiraukan tanggal kedaluarsa produk-produk tersebut.

Padahal, kosmetik yang sudah kedaluarsa telah kehilangan fungsi optimalnya. Selain itu, kosmetik yang sudah kedaluarsa adalah media bagi pertumbuhan bakteri yang dapat menimbulkan jerawat, kemerahan, dan masalah kulit lainnya.

Dikutip dari klikdokter.com, salah satu hal yang dapat mempercepat masa kedaluarsa suatu produk adalah cara penyimpanan yang salah. Kosmetik sebaiknya disimpan di tempat sejuk. Menyimpan kosmetik di tempat panas –seperti dalam mobil, dapat merusak produk.

Baca juga:  Diskoperindag Temukan Jamu Hingga Ratusan Obat dan Kosmetik Berbahaya

Beberapa orang menyimpan kosmetik di dalam kulkas dengan harapan produk tersebut akan tahan lebih lama. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Namun cara ini dapat digunakan untuk produk-produk yang bersifat alami atau tanpa bahan kimia.

Cara mudah untuk mengetahui kosmetik kedaluwarsa adalah dengan melihat adanya perubahan warna, bau, ataupun konsistensi. Lantas, berapa lama produk kosmetik biasanya akan kedaluarsa?

Bila produk kosmetik di rumah tidak tercetak tanggal kedaluarsanya, Anda bisa mengira-ngira kapan produk kosmetik sebaiknya dibuang melalui panduan berikut ini:

Baca juga:  Sasaran Vaksinasi Anak Capai 49.550 Orang, Ditargetkan Tuntas Juli

1. Lipstik dan lipgloss
Lipstik biasanya bisa digunakan hingga 2 tahun, sedangkan lipgloss sampai 1 tahun. Jika sudah terjadi perubahan konsistensi warna dan berbau, segera buang lipstik dan lipgloss Anda.

2. Foundation
Foundation dapat digunakan sekitar 6 bulan sampai 2 tahun, tergantung bahan dasar yang digunakan. Umumnya, foundation berbentuk cair akan terpisah atau berubah konsistensi serta warna jika sudah kedaluarsa.

3. Maskara
Maskara dapat digunakan selama 3- 6 bulan. Jika maskara sudah mulai menggumpal atau terasa gatal saat dipakai, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Turun Lagi ke Belasan Ribu Orang

4. Eyeliner
Eyeliner bisa dipakai selama 6 bulan sampai 1 tahun. Sama seperti maskara, jika sudah menggumpal dan menimbulkan rasa gatal sebaiknya buang eyeliner Anda.

5. Blush-on, eyeshadow, dan kosmetik berbentuk powder
Semua ini bisa dipakai selama 1-2 tahun. Jangan lupa untuk selalu menyeleksi produk kosmetik di rumah setiap 6 bulan. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *