Otot kekar bisa dihasilkan melalui asupan makanan yang baik. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Para pria tentu sangat mengharapkan memiliki tubuh ideal dengan otot yang kekar. Biasanya guna mendapatkan tubuh ideal itu, para pria akan membentuk otot lewat latihan fitness.

Tapi, memasukkan latihan fisik ke dalam agenda olahraga tidak cukup untuk membuat otot tubuh menjadi kekar. Fitness saja tidak akan cukup efektif jika tidak ditunjang dengan asupan nutrisi untuk otot.

Oleh karena itu olahraga fitness tetap harus diimbangi dengan makanan yang memberikan nutrisi yang baik untuk membentuk otot tubuh kita. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah buah yang dipercaya bisa membantu dalam penguatan dan mengekarkan otot :

1. Nanas
Memang tidak bermanfaat langsung untuk pertumbuhan massa otot Anda. Namun buah nanas bisa menjadi pelengkap makanan yang anda butuhkan selama proses pembentukan Anda berlangsung.

Nanas memiliki kandungan bromelin yang membantu tubuh untuk mengeluarkan enzim yang berfungsi untuk mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, agar makanan kaya akan protein yang Anda konsumsi mudah dicerna dengan baik, perlu sekiranya anda menyertakan buah nanas sebagai pelengkap.

Baca juga:  Berikut Ini Cara Bernafas yang Benar

2. Buah bit
Terdapat kandungan zat betaine dalam buah yang berwarna ungu tua ini, berfungsi menjaga kesehatan liver serta membantu otot memperbesar massa. Konsumsi secara rutin jika ingin hasil terbaik.

3. Jeruk
Buah jeruk baik untuk kesehatan, karena terdapat banyak nutrisi dan vitamin di dalamnya. Kalsium pun tersedia, sehingga sangat disarankan Anda sesudah olahraga untuk mengonsumsi beberapa butir.

4. Apel
Buah apel memiliki kandungan polifenol yang juga membantu membentuk otot serta mencegah Anda mengalami kelelahan parah. Zat itu pun berfungsi dalam proses pembakaran lemak berlebih dalam tubuh.

5. Kurma
Kandungan protein nabati dalam buah ini cukup tinggi, sehingga akan membantu menunjang pembentukan otot.

6. Pisang
Buah ini dikenal banyak dikonsumsi oleh atlet, karena fungsinya pada pembentukan otot dan mencegah kram didapat dari potassium. Selain itu sumber karbohidratnya juga sangat baik untuk cadangan energi yang dibutuhkan oleh atlet. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.