Ilustrasi. (BP/uniformespanda.com)

DENPASAR, BALIPOST.com – Penderita asma harus lebih berhati-hati dalam memilih produk makanan yang bisa dikonsumsinya. Salah konsumsi, bisa-bisa justru makin memperparah kondisi penderita.

Dikutip dari klikdokter.com, berikut sejumlah makanan yang harus dihindari para penderita asma :

1. Telur
Biduran adalah reaksi kulit yang paling sering terlihat pada orang yang alergi telur. Alergi telur ini juga bisa memicu asma.

Umumnya, alergi telur terjadi pada anak-anak. Jika Anda alergi terhadap bahan makanan yang satu ini, sebaiknya hindari konsumsinya sama sekali.

2. Susu
Susu memang baik untuk kesehatan. Namun bagi beberapa orang, konsumsi susu dapat memicu terjadinya serangan asma –seperti mengi, batuk atau gejala gangguan pernapasan lainnya.

Jika Anda alergi susu, sebaiknya Anda juga menghindari produk olahan susu. Misalnya: keju dan yoghurt juga sebaiknya dihindari jika Anda alergi susu.

3. Kacang
Siapa sangka, ternyata kacang juga bisa cetuskan serangan asma. Ini biasanya terjadi pada mereka yang alergi terhadap kacang. Biasanya, orang yang alergi kacang juga alergi terhadap bulu binatang, debu dan serbuk sari tumbuhan.

Baca juga:  Pencuri Ayam Petelur Dibekuk Polisi

4. Kerang
Alergi kerang sering terjadi pada anak-anak. Orang dewasa tentu juga bisa mengalami alergi jenis makanan laut yang satu ini.

Jika Anda alergi kerang, sebaiknya hindari juga kepiting, udang, lobster dan tiram. Ini karea makanan laut tersebut juga bisa memicu timbulnya alergi.

5. Makanan instan
Makanan instan –seperti sup dan buah atau sayuran yang dikeringkan biasanya mengandung pengawet sodium bisulfite, potassium bisulfite, sodium metabisulfite, potassium metabisulfite dan sodium sulfite. Pengawet tersebut dapat memicu serangan asma pada orang yang hipersensitif.

Selalu perhatikan apa yang hendak dikonsumsi, apalagi jika Anda adalah seorang penderita asma. Karena salah makan bisa memicu kekambuhan, yang juga dapat berpotensi menyebabkan kematian. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.